Sabtu, 28 Januari 2012

mengenai mitos....

mitos.. mitos..
lo tau mitos itu apa?.
salam satu merk permen mint terkenal, oke bukan mentos. tapi mitos.

kalo ga salah sih ya, mitos tuh sesuatu yang berhubungan sama jaman dulu, sejarah, nene moyang, kake moyang, kecoa moyang, moyang priangan dan moyang-moyang laennya.

kalo boleh jujur sih yah.. (tapi harus boleh)
gue sedikit risih dengan adanya mitos, menurut gue mitos tuh menyeramkan banget, lebih serem dari pada film telenopela, lebih serem dari pada saat gue berkaca, lebih seem dari pada pembantaian kecoa dll.

tapi bener ga sih kalo mitos itu beneran ? wawlohua'lam. gue ga bisa menyimpulkan.

mitos tuh, katanya yang paling banyak dialamin sama suku sunda.
katanya " urang sunda mah loba pantranganana " *terjemahan=orang sunda banyak larangannya

mungkin sebagian larangan itu mereka tuangkan dalam bentuk mitos yang horor. yang bikin bidadari lupa diri
contoh mitos nih :

  • tong cicing na lawang panto (jangan diem di lobang pintu *emang pintu berlobang yah?*) mitosnya : susah nyari jodoh nantinya. padahal terjemahan aslinya kan ngehalangin orang lewat?, jadi si jodoh mau lewat tuh susah, *ngasal abis*
  • jangan mandi di malam hari. mitosnya : takut dapet suami janda/istri duda (tebalik), padahal terjemahan aslinya kan , takut rematik, bener ga? *ngasal abis part 2*
  • buat anak-anak jangan makan ceker 2 biji. mitosnya : pamali haha terjemahan aslinya : makan cekernya 1 aja, nanti yag laen ga kebagian.
  • kalo nyapu jangan maghrib2, mitosnya : takut suaminya diambil orang. padahal terjemahan aslinya kan : maghrib itu waktunya solat, bukan nyapu
  • jangan duduk diatas meja, mitosnya : takut banyak utang. terjemahan aslinya : ga sopan kalo duduk diatas meja
  • jangan kasih kaca ke anak bayi (anak bayi ga boleh ngaca) mitosnya : takut mati kecebur sumur. terjemahan aslinya kan : takut kena tangan bedarah en, kegantengan si bapaknya takut tertandingi *wkwk
  • jangan makan nanas (buat remaja ababil) mitosnya : takut emaknya ke abisan. lagian nanas mahal sekarang.
  • jangan terlalu ganteng, mitosnya : takut banyak yang naksir
  • jangan suka kentut sembarangan, mitosnya : takut malu -_- nanti speechless lagi..
seinget gue sih segini aja tentang mitos, gue pribadi sih selaku keturunan hasil pengkloningan antara suku sunda  dan betawi percaya ga percaya, jalanin aja :)


bye
elfinaa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar